Cara Backup Blog Blogger di Android

Backup Blog Blogger
 Cara Backup Blog Blogger di Android

Backup blog blogger di Android caranya sangat mudah, dengan sekali Kamu membaca tutorial yang akan saya bahas di bawah ini, saya jamin langsung bisa. 

Tetapi sebelum ke pokok pembahasan ada baiknya saya bahas terlebih dahululu. Apa sih backup blog itu? Nah,  Secara sederhana pengertian backup adalah serangkaian tahapan yang di lakukan untuk mencadangkan konten sebuah blog. Untuk berjaga-jaga bila sesuatu terjadi pada blog yang kita kelola, Kamu dapat mengupload file backup, sehingga konten blog kembali normal.

Untuk blog yang di hosting blogger alias gartis, pihak Google bisa melakukan penghapusan blog tanpa pemberitahuan sebelumnya. Hal ini bisa jadi dikarenakan menurut pihak Google, blog yang di hapus telah melanggar ketentuan yang berlaku. Namun untuk Kamu pengguna blogger tidak perlu khawatir, solusinya sangat mudah. Untuk tindakan antisipasi, Kamu dapat melakukan backup blogger sehingga Kamu tidak perlu kawatir akan kehilangan konten blog Kamu. Lalu bagaimana cara backup blog blogger di Android?

Cara Backup Blog Blogger di Android

Untuk cara backup blog blogger, Kamu hanya perlu masuk ke Dashboard Blogger Kamu di www.blogger.com, setelah itu masuk ke "Setelan" lalu cari "Cadangkan Konten". Agar lebih jelas, akan saya bahas secara intens di bawah ini :

Cara Backup Blog Blogger

Perhatikan gambar di atas, pilih "setelan" , Setelah itu cari Menu "cadangkan konten" lalu klik. Maka akan terlihat kotak dialog sebagai berikut :

Backup Blog Blogger

tekan saja "Download"

Maka secara otomatis file backup akan terdownload seperti gambar di bawah ini :

Cara Backup Blogger

Dan selesai, file backup sudah terdownload.

Tips Agar Kamu tidak Kehilangan Blog

Ketika Kamu membuat blog via platform blogger secara gratis, Memang ada kekawatiran pihak Google menghapus blog Kamu, yang dianggap melakukan pelanggaran tertentu.

Solusinya adalah melakukan backup blogger, setelah itu file backup di upload kembali pada blog yang baru. Kamu tidak akan kehilangan konten Kamu, Kamu akan memiliki blog baru dengan konten seperti blog sebelumnya. Tetapi harus diingat, kemungkinan besar Kamu tidaka akan bisa mendapatkan alamat blog yang lama, karena sudah tidak tersedia.

Sebagai solusinya, untuk antisipasi hal tersebut, ada baiknya Kamu membuat blog blogger dengan custom domain, maksutnya blognya tetap  memakai blogger gratisan tetapi domainnya diarahkan ke domain berbayar.

Jadi apabila blog anda dihapus pihak Google, maka yang terhapus adalah blognya, domainnya tidak terhapus. Sesudah Kamu mengupload kembali pada blogger baru dan mengarahkannya kembali pada domain Kamu, maka blog Kamu akan online kembali. Namun perlu diingat, Kamu harus mensortir blog Kamu, dan membenahi konten yang di anggap melanggar ketentuan dari Google.

Dengan custom domain, Kamu hanya perlu membeli domain secara tahunan, dan tidak usah menyewa hosting karena sudah dihosting oleh blogspot dari pihak Google.

Sekian share Cara Backup Blog Blogger di Android

Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk " Cara Backup Blog Blogger di Android"