Cara Login Blogger atau Blogspot di Android

Login Blogger atau Blogspot
Cara Login Blogger atau Blogspot di Android

Cara login blogger atau blogspot- Blogger merupakan platform penyedia layanan pembuatan blog secara gratis yang dimiliki oleh Google, sehingga akun blogger juga terintegrasi dengan layanan Google lainnya seperti : youtube, gmail, Google  drive dan lainnya. Itu artinya satu akun Google yang Kamu miliki juga bisa untuk login ke layanan Google lainnya yang sudah saya sebutkan di atas. Lalu bagaimana cara login blogger?

Untuk cara login blogger atau blogspot, Kamu hanya perlu mengunjungi alamat situs resminya blogger yaitu www.blogger.com yang bisa di buka di Google, atau alamat www.blogspot.com yang pada akhirnya akan di alihkan ke alamat di atad. Setelah membuka alamat website tersebut, Kamu harus melalui beberapa tahapan tertentu dalam proses login.

Sebelum masuk kepokok pembahasan dari artikel ini, yaitu cara login blogger dan cara membuat login di blogger, ada baiknya terlebih dahulu kami memberikan penjelasan mengenai blogspot dan blogger. Untuk selengkapnya, silahkan Kamu simak penjelasannya berikut ini :

Blogspot

Blogspot merupakan platform penyedia layanan domain gratis yang dimiliki dan diberikan oleh perusahaan Google. Blogspot itu sendiri merupakan layanan sub-domain dari blogger. Jadi setiap kali Kamu membuat akun atau blog di blogger, secara otomatis Kamu akan diberikan nama sub-domain Blogspot. Contohnya seperti ini: “domainKamu.blogspot.com”. Maka, bisa dikatakan bahwa keberadaan blogspot itu ialah untuk men-support Blogger. Dalam hal menyediakan pelayanan blog secara gratis.

Catatan :

Sub-domain blogspot.com hanya bisa digunakan oleh pengguna blog yang menggunakan layanan blogger dan sub-domain ini tidak bisa digunakan pada platform blog yang lain, selain blogger.

Blogspot juga mempunyai alamat situs resminya, yaitu http: www.blogger.com. Jadi, ketika Kamu mengunjungi alamat blogspot ini, Kamu akan dialihkan masuk ke akun blogger. Hal itu karena Blogger adalah CMS-nya blogspot, sementara blogspot merupakan sub domain blogger.

Blogger

Blogger jika diartikan secara bahasa adalah pemilik, penulis artikel di blog.

Blogger juga diartikan penyedia sebuah platform blog (penerbitan) gratis milik Google. Platform blog ini menghadirkan kemudahan untuk mengelola sebuah blog, termasuk kepada pengguna pemula yang tidak mengerti IT sekalipun.

Blogger adalah platform blogging yang pertama kali muncul. Platform blog ini di perkenalkan pada tahun 1999 oleh Pyra Labs. Kemudian pada tahun 2003, Blogger diakuisisi oleh Google. Setelah itu formatnya didesain ulang, sehingga tampilannya menjadi seperti sekarang. Pada tahun 2020 format tampilannya juga di desain ulang dan secara permanen menghapus format klasik yang dulu masih bisa di gunakan. Untuk pemula yang baru mau terjun di dunia blog, saya sarankan memulai dengan membuat blog di blogger terlebih dahulu. Karena disamping gratis, platfrom blog ini menghadirkan tampilan yang sederhana, praktis, dan sangat mudah untuk digunakan oleh pemula yang tidak mengerti IT sekalipun.

Cara login di blogger mungkin bukan hal yang baru untuk Kamu yang sudah lama terjun di dunia internet khususnya blogging, namun apabila Kamu masih pemula, tutorial login di blogger di bawah ini mungkin bisa menjadi panduan yang sangat membantu untuk Kamu. 

Untuk lebih jelasnya, simak pembahasan lengkap login blogger di bawah ini :

Cara login blogger

1. Saya memakai browser Google Chrome, silahkan Kamu masuk terlebih dahulu ke alamat www.blogger.com.
2. Setelah berada di akun Blogger, Kamu bisa memilih bahasa tampilan dengan menggunakan bahasa Indonesia. Fiturnya ada di paling bawah sebelah kiri. Jika sudah Kamu temukan, klik dan ”pilih bahasa Indonesia”.
3. Sesudah merubah format tampilan ke dalam bahasa Indonesia, langkah selanjutnyanya adalah pilih Masuk/Sign In di pojok sebelah kanan atas halaman.
4. Sesudah itu, Kamu akan di alihkan ke halaman akun google dengan tampilan login form.
5. Silahkan tuliskan username atau alamat gmail yang Kamu pakai. Jika alamat gmail Kamu adalah jagajarak@gmail.com, Kami cukup menuliskan username jagajarak saja, hal itu agar lebih mudah dan cepat ketika diketik.
6. Pilih Next/Berikutnya.
7. Setelah itu memasukkan password. Tuliskan password dari akun Gmail Kamu, sesudah itu pilih sign in.
8. Setelah berhasil login, Kamu akan di alihkan ke halaman dashboard akun blogger.

9. Sesudah mengikuti semua penjelasan di atas dan Kamu berhasil login, maka Kamu sudah bisa mulai menulis artikel dan mengelola blog Kamu sesuai keinginan. Perhatikan pada halaman dashbord bogger Kamu, pada bagian kiri, yang dilingkari garis adalah nama blog yang Kamu buat. Apabila Kamu mempunyai blog lebih dari satu, maka tombol dropdown itu akan berisi seluruh nama blog yang Kamu punya. Lalu tombol "entri baru" adalah tombol untuk membuat artikel baru.

Sekian artikel dari Syukronse. Salam

Baca juga : Sitemap Blogger dan Cara Submit di Webmaster Google

Posting Komentar untuk "Cara Login Blogger atau Blogspot di Android"