Cara Menggunakan Kamera HP untuk Zoom PC

Kamera HP di jadikan webcam untuk Zoom PC

Cara Menggunakan Kamera HP untuk Zoom PC

Kehadiran zoom memanglah sangat berguna ditengah kepanikan masal yang tengah melanda saat ini, zoom banyak membantu kegiatan manusia yang sebelumnya mesti dilakukan secara bertatap muka, contohnya sekolah online, meeting perusahaan, bercengkrama dengan saudara jauh, dan lain sebagainya. Meski begitu, ternyata zoom tidak dilengkapi fitur komplit pada versi smartphone layaknya pada PC/laptop, salah satunya tidak diberikan akses background virtual guna keperluan ospek misal. Maka dari itu, sangat wajib sekali bagi maba untuk menggunakan zoom melalui PC, lalu bagaimana jika kamera pada laptop/PC memiliki kualitas jelek atau mungkin saja rusak dan mati?, maka dari itu, disini saya akan berbagi cara menggunakan kamera HP sebagai webcam di PC/Laptop khususnya aplikasi zoom.


Layaknya webcam, kamera pada HP ternyata bisa juga digunakan untuk menggantikan kamera pada Laptop sob. Dan tentunya, gambar yang dihasilkan pun akan jauh lebih bagus dibanding kamera bawaan dari PC itu sendiri.


Cara Menggunakan Kamera HP sebagai webcam di Zoom PC/Laptop

Keterbatasan resolusi kamera yang diusung oleh Laptop menjadikan kita para penggunanya merasa kurang nyaman saat harus melakukan video call atau foto selfie. Ini yang membuat banyak orang akhirnya memilih untuk menambahkan webcam sendiri agar gambar yang dihasilkan jauh lebih bagus.

Rata-rata resolusi kamera yang ada pada PC hanya berkisar 2 MP saja, dan itu jelas sudah sangat ketinggalan jaman, gambar yang dihasilkan pun sangatlah buruk. Jika disandingkan dengan kamera HP jaman sekarang, tentu berbeda sangat jauh.

HP jaman sekarang, seperti samsung, oppo, vivo, xiaomi sudah dibekali dengan fitur kamera beresolusi tinggi, resolusi minimal kamera pada smartphone sekarang sekitar 13 MP, dan dari kamera tersebut, mampu menghasilkan gambar yang sudah sangat jernih untuk berbagai keperluan, entah itu selfie, video call, foto outdoor dan sebagainya.

Cara Menghubungkan Kamera HP ke Zoom Laptop

Untuk cara kali ini, kita akan menggunakan sebuah software atau aplikasi khusus untuk menghubungkan kamera HP sebagai webcam untuk PC/Laptop. Dan aplikasi tersebut tersedia untuk windows, android maupun IOS.

Dan untuk tutorial kali ini, saya akan membagi caranya menjadi 2 bagian, yang pertama kamu bisa menghubungkan kamera hp ke laptop menggunakan Wifi, dan yang kedua kamu bisa menghubungkannya dengan kabel USB.

Dan dari masing-masing fitur tersebut, wifi maupun USB, keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, jadi silakan bagi kamu yang mungkin merasa lebih nyaman menggunakan wifi karena mungkin tidak terlalu ribet, tidak masalah. Atau mungkin sebaliknya, jika ada yang lebih nyaman menggunakan kabel ya silakan.

Menghubungkan kamera HP ke Laptop dengan Wifi

Untuk cara pertama ini, kamu bisa menghubungkan kamera HP kamu ke Laptop sebagai webcam dengan menggunakan wifi, dan keduanya akan saling tersambung dalam satu jaringan yang membuat baterai pada HP atau laptop akan terasa lebih boros.
  1. Silakan download dan install aplikasi Droidcam di PC dan HP. Kamu bisa download melalui link berikut, (Droidcam PC) (Droidcam Android) (Droidcam IOS).
  2. Buka aplikasi Droidcam di Laptop dan HP kemudian masukkan IP adress yang tertera pada HP ke kotak yang sudah disediakan pada Droidcam di PC.
  3. Klik "start", maka kamera HP kamu sudah tersambung sebagai Webcam untuk PC.
  4. Untuk menghubungkannya ke aplikasi Zoom di Laptop, silakan buka Zoom
Sekian dari saya, semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Cara Menggunakan Kamera HP untuk Zoom PC"