Cara Tepat Seduh Teh Agar Manfaatnya Maksimal

Manfaat Teh Seduh
Cara Tepat Seduh Teh Agar Manfaatnya Maksimal

Cara Tepat Seduh Teh

Menyeduh teh bisa jadi telah menjadi rutinitas harian bagi anda. Namun yang menjadi pertanyaan adalah sudahkah benar cara anda dalam menghidangkan minuman yang berasal dari sari pucuk teh tersebut? Bila ternyata cara anda tersebut tidak benar, maka dipastikan kalau manfaat yang anda dapatkan dari minuman teh anda jadi berkurang atau tidak maksimal. Manfaatnya pun akan jadi hilang tanpa tubuh anda dapat menyerapnya. Oleh sebab itu, tentunya sangat disayangkan bukan?


Menyeduh Teh

Dalam hal ini tentunya anda perlu untuk mengetahui cara yang benar dalam menyeduh minuman favorit Bangsa Indonesia yang satu ini. Cara ini sendiri telah dilakukan oleh orang-orang yang bisa dibilang pakar teh secara turun temurun dan telah dibuktikan hasilnya.


Cara Benar Menyeduh Teh Agar Manfaatnya Maksimal

1. Tinggat Kematangan Air

Yang harus anda perhatikan untuk pertama kalinya adalah air. Tingkat kematangan menjadi prioritas utama, oleh sebabnya, pastikan air yang digunakan telah mendidih sebelum diseduhkan dengan teh. Namun, perlu juga diketahui bahwa air yang baru mendidih jangan langsung diseduh dengan teh, diamkan dulu selama 5 menit agar panas air itu sendiri tidak merusak kandungan yang ada pada teh tersebut. Dengan waktu 5 menit didiamkan bisa diperkirakan suhu air sudah mencapai tingkat 80 derajat panasnya.

2. Seduh Teh Dengan Suhu 80 Derajat

Suhu 80 derajat sendiri merupakan suhu ideal untuk menyeduh teh, dengan suhu tersebut aroma teh pun akan keluar serta kandungan bermanfaat dari daun teh pun jadi larut dalam air. Jadi, dipastikan jika selama ini anda merebus daun teh untuk menyeduhnya merupakan cara yang tidak dibenarkan untuk mendapatkan manfaat yang maksimal.


3. Takaran Air 250 cc

Sementara itu, untuk komposisi air yang digunakan untuk menyeduh teh sendiri adalah 250 cc.  Dengan ukuran tersebut maka sama dengan satu poci untuk satu kali minum dengan campuran satu sendok kecil daun teh. Jika anda mengkonsumsi lebih dari itu, maka dapat dikatakan hal ini sudah melebihi standar dan kurang baik bagi kesehatan tubuh.

4. Daun Teh Hanya Untuk Satu Kali Pemyeduhan

Ingat pula, kalau daun teh jangan dipakai untuk dua atau tiga kali penyeduhan, karena dipastikan nutrisi daun teh tersebut telah habis larut dalam masa pertama kali diseduh.

5. Minum Teh Saat Masih Hangat

Terakhir, pastikan teh diminum selagi hangat dan jangan biarkan berlama-lama dalam keadaan terbuka. Jika hal terlalu lama dibiarkan di udara terbuka maka akan terjadi oksidasi pada teh yang membuat beberapa kandungan nutrisi teh jadi menghilang dan berkurang.

Posting Komentar untuk "Cara Tepat Seduh Teh Agar Manfaatnya Maksimal"