Wukirsari Wisata Khas Kesenian Wayang Kulit di Yogyakarta

Wukirsari Wisata Khas Kesenian Wayang Kulit di Yogyakarta
Wukirsari Wisata Khas Kesenian Wayang Kulit di Yogyakarta

Wukirsari Wisata Khas Kesenian Wayang

Setiap daerah memiliki kesenian masing-masing dengan memperlihatkan keragaman budaya dan keunikan menarik. Seperti yang kita ketahui banyak kesenian budaya bisa kita saksikan di seluruh berantara Indonesia termasuk dari kesenian wayang kulit. Terdapat banyak kesenian unik berupa wayang dengan desain berbeda mengikuti kebudayaan setempat. Setiap wayang mewakili tokoh dan karakter berbeda yang nantinya akan diperagakan oleh seorang dalang.

Dari info Indonesia Travel selaku penyedia informasi semua tempat wisata dan transportasi memberi gambaran ada satu daerah bisa jadi objek wisata budaya yang bertaraf internasional yakni Desa Wukirsari Yogyakarta. Indonesia Travel menyediakan beragam informasi mengenai tempat wisata di seluruh Indonesia bagi para pelancong sehingga tempat khusus yang menampilkan kesenian wayang sangat mudah diketahui. 

Desa Wayang Wukirsari berada di Kecamatan Imogiri, Daerah Istimewa Yogyakarta dimana masyarakatnya masih sangat kental akan kesenian daerah berupa wayang kulit. Dari lokasi tersebut Anda bisa melihat tradisi wayang yang sudah ada sejak 100 tahun lalu dan masih tetap lestari hingga saat ini. Meski zaman sudah berkembang pesat tetapi warga di Dusun Pucung masih tetap menawarna kesenian wayang.

Keunikan dari seni wayang terlihat dari ukiran serta warnanya. Bahan utama dalam proses membuat wayang terdiri dari kulit kambing, sapi ataupun kerbau kemudian ditatah hingga memperlihatkan sebuah karakter wayang. Dari segi ukuran juga beravariasi ada yang besar sampai kecil tergantung dari si pembuat wayang.

Ternyata untuk membuat sebuah wayang kulit saja memerlukan waktu cukup lama yakni sekitar 1 minggu. Kesulitan dari pembuatan wayang terletak pada proses tatah karena harus terlihat sempurna dan detail. Anda bisa melihat seorang penatah wayang selalu memperhatikan detail ukiran agar terlihat sempurna sehingga mirip karakter tokoh sesungguhnya.

Para pelancong juga bisa ikut membuat kerajinan wayang dengan beragam desain. Tentu sebagai pemula pemilihan pola harus lebih sederhana. Lokasi dari Desa Wukirsari juga tidak terlalu rumit cukup menggunakan alat transportasi roda dua dan empat bisa langsung menuju ke central pembuatan wayang tersebut. Jarak Yogyakarta ke Imogiri kurang lebih 15km dan wisatawan juga bisa menikmati tempat-tempat menarik lainnya dengan suguhan menarik seperti kerajinan sepatu, kuliner laut, kerajinan gerabah, pantai Parangtritis, pasar seni Gabusan, dan masih banyak lagi.

Indonesia Travel bisa jadi acuan atau sumber informasi bagi para pelancong untuk mendapatkan spot-spot menarik di seluruh wilayah Indonesia. Eksplorasi semua tempat wisata bertaraf internasional yang menyajikan beragam fasilitas tingkat dunia, Desa Wukirsari hanya satu contoh tempat unik yang bisa Anda kunjungi, jadi masih banyak lokasi lain dengan keunikan masing-masing dari kuliner ataupun budaya Indonesia.

Posting Komentar untuk "Wukirsari Wisata Khas Kesenian Wayang Kulit di Yogyakarta"