Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Penjelasan Status Kiriman Paket EMS (Paket Luar negeri)

Status Kiriman Paket EMS
Penjelasan Status Kiriman Paket EMS (Paket Luar negeri) 

Bagi anda yang sering berbelanja online dari luar negeri tentunya sudah tidak asing lagi dengan istilah EMS (Express Mail Service). Yes benar sekali, EMS adalah layanan Pos Indonesia yang beroprasi dalam bidang pengiriman antar negara dari dalam maupun luar negeri. Status pengiriman paket EMS sendiri menggunakan bahasa inggris didalamnya. kali ini saya akan membahas tentang arti status pengiriman paket tersebut. 

Setelah masuk dalam Processed Through Facility di status pelacakan situs pembelian, anda bisa langsung melacak status pengiriman paket anda melalui situs ini 

Karena sifatnya Express atau segera, maka barang-barang yang dikirim biasanya diangkut menggunakan pesawat terbang.

Apabila Anda membeli barang di luar negeri dan pengirimannya menggunakan EMS, maka untuk mengecek atau lacak status pengiriman (sudah sampai mana, dsb) bisa melalui website http://ems.posindonesia.co.id/

cara cek kiriman dari luar negeri ems

Contoh status kiriman EMS

Sedikit penjelasan mengenai arti status kiriman EMS:


1. Posting atau Collection

Paket sudah diterima dan dicatatkan di sistem oleh pihak pos atau layanan ekspedisi yang digunakan. Ini adalah jalur awal dimana tanggungjawab paket yang kita serahkan sudah berada sepenuhnya di pihak jasa ekspedisi. Sudah bukan tanggungjawab kita lagi.

2. Departure from Outward OE

Paket kita sudah lolos pemeriksaan bea cukai dan diteruskan dari negara pengirim ke luar negeri

3. Arrival at Inward OE

Paket kita sudah tiba di negara lain, bisa diartikan sedang transit di sebuah negara terdekat dari negara akhir atau sudah berada di negara tujuan yang mengakomodir pengiriman ke alamat yang dicantum di paket.

Kalau anda beli barang di luar negeri, itu berarti sudah sampai di Indonesia. Kalau Anda kirim barang ke luar negeri, itu berarti barang sudah sampai di negara yang dituju.

4. Departure from Inward OE

Paket kita sudah sampai di fasilitas pemeriksaan barang dan bisa diteruskan dari kantor pos di Bandara udara dan dalam perjalan ke kantor pos cabang.

5. Arrival at Delivery

Paket kita sudah sampai di jasa ekspedisi negara akhir pada alamat tujuan paket. Tiba di kantor pos tempat barang akan diserahkan

Jika anda pakai jasa pos indonesia maka paket juga akan diserahkan ke kantor pos negara tujuan. Dimana syarat ketentuan layanan kantor pos negara tujuan sudah bukan tanggungjawab kantor pos indonesia lagi.

6. Attempt to Delivery

Paket kita sudah diterima di jasa ekspedisi setempat (baca point 5) dan sedang dikeluarkan dari gudang untuk dihantarkan ke alamat penerima paket.

7. EMH

Proses di kantor pos tempat barang akan diserahkan. Pada tahap ini, kalau barang tidak dikenakan bea masuk, barang akan dikirim langsung ke alamat yang dituju. Namun kalau terkena bea masuk, biasanya akan dikirim semacam surat panggilan dan Anda harus mengunjungi kantor yang ditunjuk serta melakukan pembayaran biaya (pajak) masuk barang sekaligus mengambil barang di kantor pos.

Pada proses inilah yang banyak orang terkadang tidak terima, karena untuk biaya masuknya bisa jadi terlalu besar atau tidak sesuai dengan harga barang. Anda bisa mengajukan keberatan ke pihak bea dan cukai bila dirasa hitungan pajaknya salah.

Kalau Anda mendapat surat panggilan, segera kunjungi kantor pos terdekat, kalau dalam dua minggu tidak diambil, maka barang akan dikembalikan ke pepengirim

Alurnya adalah:

Saya dapat surat panggilan dari kantor pos

Lalu saya ke kantor pos cabang pusat di kota saya membawa surat itu

Bayar pajaknya dan langsung ambil barang.

8. Delivered

Paket sudah dihantarkan atau diterima oleh penerima langsung atau perwakilan.

Di tiap negara sering memiliki layanan yang berbeda mengenai bea cukai, pajak dan layanan konsumen. 

Note: OE = Office of Exchange

Posting Komentar untuk "Penjelasan Status Kiriman Paket EMS (Paket Luar negeri) "