Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Tips dan Cara Investasi Saham Bagi Kalangan Milenial

Cara Investasi Saham

Saat ini kalangan milenial mulai mengubah pola pikirannya untuk keadaan finansial mendatang. Banyak dari mereka pun akhirnya memilih mempelajari cara investasi saham agar bisa memulainya dengan mudah. Sebagian besar diantaranya mencoba perencanaan di masa mendatang. 


Tips Investasi Saham Bagi Kalangan Milenial 

Sudah menjadi pertanda yang baik apabila kalangan milenial sudah mulai memahami situasi khususnya di sektor finansial. Terlebih jika dihadapkan pada masa pandemi seperti ini dimana generasi sebelumnya belum pernah merasakannya. Berikut ini cara investasi di kalangan usia 20 tahun-an: 


1. Menentukan Goals Keuangan 

Satu hal yang tidak boleh terlupakan sebelum melakukan investasi saham adalah dengan mengetahui terlebih dahulu apa sebenarnya goals keuangan. Ada banyak alasan mengapa orang-orang mulai berinvestasi mulai dari perencanaan keuangan hingga hanya sekedar ikut trend perkembangan saja. 

Sebagai contoh saja, kalangan milenial bisa mencatat beberapa tujuan dimulainya investasi, misalnya memiliki kondisi finansial yang stabil, mempunyai rumah dari hasil kerja sendiri hingga tabungan dalam jumlah cukup. Salah satu cara untuk mewujudkannya yakni dengan memulai investasi saham. 


2. Selalu Mempersiapkan Dana Darurat 

Tips berikutnya yang tidak boleh dilupakan yakni dengan mempersiapkan dana darurat sebelum benar-benar terjun memulai investasi saham. Banyak orang melupakannya sehingga membuat mereka akhirnya terjatuh saat sedang mengalami kerugian. Jumlahnya pun juga disesuaikan dari penghasilan. 

Banyak orang yang masih menganggap remeh apa tujuan dari dana darurat itu sendiri. Sebagai pemula dalam hal investasi saham harus memahami apabila krisis finansial bisa terjadi kapanpun dengan dampaknya ke siapapun. Fenomena ini tidak dapat diprediksi sehingga wajib untuk dipersiapkan. 


3. Menyelesaikan Seluruh Hutang 

Bukan hanya memiliki dana darurat saja, Anda pun harus menyelesaikan seluruh hutang terlebih dahulu sebelum memulai berinvestasi. Terlebih jika baru saja lulus kuliah tentunya belum pernah mempunyai cicilan yang wajib segera diselesaikan. 

Sebaliknya, bagi orang-orang yang sudah melewati tahap ini dengan beberapa kewajiban seperti kartu kredit, maka penting untuk melunasinya terlebih dahulu. Percayalah akan jauh lebih lega ketika Anda memulai tanpa adanya beban finansial lagi ke depannya. 


Terapkan Formula Ini dalam Investasi Saham 

Cara beli saham online kini sudah banyak dilakukan oleh orang-orang tak terkecuali oleh kalangan milenial. Bagi usia muda, investasi saham menjadi hal yang menarik untuk dilakukan karena dianggap mampu memberikan jaminan keuntungan di masa depan asalkan memperhatikan kondisi finansial. 

Formula yang dapat Anda gunakan untuk menentukan tahapan investasi yakni 70-80% dana ditujukan pada investasi resiko tinggi seperti saham, sementara sisanya dapat dialokasikan ke obligasi dan emas. Rumus ini sebenarnya diakui akan lebih stabil apabila ditujukan bagi kalangan milenial atau usia muda. 

Terutama jika sudah memiliki dana yang cukup maka sangat disarankan untuk memulai mengikuti pada saham blue chip. Saham pun juga dianggap dapat dilakukan dalam jangka panjang karena mempunyai stabilitas relatif tinggi. Dua faktor paling penting pada penentuannya yakni tren serta peluang pasar. 


Faktor Penting dalam Investasi Saham 

Sebenarnya aset yang bisa dipilih yakni bisa berupa apapun termasuk juga saham. Hal ini menjadi alasan bagi banyak orang untuk melakukan diversifikasi ke beberapa investasi. Cara ini sebenarnya belum direkomendasikan kepada kalangan milenial lantaran masih sangat beresiko bagi mereka. 

Sikap hati-hati menjadi faktor penting dalam melakukan investai saham. Sifat ini perlu dikembangkan karena berhubungan dengan penentuan harga. Apabila dilakukan keputusan yang kurang tepat makan akan berdampak pada kerugian portofolio sehingga kesulitan ketika hendak menentukannya. 

Bukan menjadi sesuatu yang terlambat apabila Anda memulai investasi saham di umur saat ini. Mengingat bahwa jaminan keuntungan ke depannya tentu kegiatan finansial ini sangat menarik perhatian bagi kalangan milenial. Terlebih mereka sudah sadar dengan perencanaan di masa depan. 

Ada banyak cara investasi saham yang bisa Anda coba untuk memulai belajar dalam kegiatan finansial ini karena jaminan keuntungannya. Dengan memperhatikan perencanaan keuangan di masa depan, tentu belajar berinvestasi menjadi daya tarik tersendiri bagi kalangan milenial atau bahkan semua usia. 

Posting Komentar untuk "Tips dan Cara Investasi Saham Bagi Kalangan Milenial "