7 Usaha Ibu Rumah Tangga Modal Kecil

7 Usaha Ibu Rumah Tangga Modal Kecil

Tahukah Kalian bahwa ada banyak peluang bisnis untuk ibu rumah tangga bermodal kecil yang bisa memulai bisnis kapan saja? Menjadi ibu rumah tangga bukan berarti Kalian harus berhenti mengejar impian menjadi pengusaha. Dengan berkembangnya zaman, kini ibu rumah tangga bisa mendapatkan uang di rumah.

Salah satu petualangan bisnis ibu rumah tangga terutama yang ingin mengembangkan usaha kecil-kecilan adalah dengan memulai berjualan. Meski bisnis ibu rumah tangga seperti berdagang mungkin terdengar sepele, namun terkadang sulit untuk dicapai karena kekurangan dana.

Jika Kalian seorang ibu rumah tangga mencoba memikirkan bisnis untuk ibu rumah tangga. Berikut adalah 6 bisnis ibu rumah tangga modal kecil yang bisa Kalian mulai sendiri.

1. Membuat Kerajinan

Sama seperti poin sebelumnya, jika Kalian memiliki keahlian membuat kerajinan dari barang-barang yang ada, maka Kalian bisa meningkatkan nilai jualnya. Tidak ada salahnya mencoba berbisnis untuk ibu rumah tangga ini. Membuat souvenir, parsel, hadiah, karangan bunga dan kerajinan tangan lainnya akan menambah penghasilan Kalian.

Modal komersial utama ibu rumah tangga membuat kerajinan tangan adalah kreativitas mereka. Kreativitas hanya akan tumbuh dan berkembang seiring waktu jika Kalian terus berusaha.

2.  Katering Ibu Rumah Tangga Makanan Sehat

Memasak adalah kegiatan sehari-hari. Hampir setiap hari, ibu kita pastinya selalu mencoba memasak untuk keluarganya tentunya. Dari hal ini ini ternyata menjadi ide bisnis ibu rumah tangga yang menjanjikan. Misalnya dengan membuat catering makanan sehat. Saat saat ini , banyak orang beralih ke gaya hidup sehat tentunya dari makanan yang sehat.

Dengan memanfaatkan peluang dan media sosial, Kalian dapat dengan mudah mengembangkan bisnis katering sehat di rumah. 

3. Laundry Service

 Selain memasak tentunya, ibu rumah tangga juga pasti akrab dengan laundry atau cuci pakaian. Kegiatan mencuci pakaian  yang kelihatannya biasa saja ini mengandung peluang bisnis ibu ruha tangga yang sangat besar.

Kalian bisa mencoba layanan laundry di rumah. Karena saat ini banyak orang yang mulai mencari penyedia jasa laundry ini. Tingginya kegiatan masyarakat membuat banyak orang tidak punya banyak waktu untuk mencuci pakaian sendiri.

4. Penulis Lepas, Bisnis Online Ibu Rumah Tangga

Pekerjaan mudah dan menguntungkan yang bisa dilakukan di rumah adalah menjadi penulis lepas.

Jika Kalian memiliki bakat menulis dan memiliki minat dalam menulis, maka bakat tersebut dapat Kalian kembangkan sebagai sumber penghasilan, karena sayang sekali jika bakat tersebut tidak dimanfaatkan dengan baik.

Menulis akan memberi Kalian peluang besar untuk menghasilkan uang dan memiliki nilai yang cukup besar.

Bekerja sebagai freelancer melalui berbagai media, Kalian tinggal menunjukkan bakat Kalian jika ingin diterima oleh media tersebut.

Jika bakat menulis Kalian lebih tinggi, terbitkan novel atau cerita pendek di media cetak sehingga Kalian bisa mendapatkan royalti yang besar dari penjualan.

5. Usaha Tanaman dan Tanaman Hias

Seperti yang dikatakan banyak orang, bisnis dimulai dengan hobi atau hasrat. Setiap ibu rumah tangga sangat menyukai tanaman hias dan bisa menjadikannya sebagai peluang bisnis yang menggiurkan.

Kalian dapat mengembangkannya dengan menanam pembibitan bunga atau tanaman herbal di sekitar halaman Kalian.

Sistem pemasarannya juga sederhana. Kalian dapat mempromosikannya ke tetangga dan teman Kalian terlebih dahulu. Alternatifnya, Kalian bisa menggunakan internet sebagai media promosi paling ampuh untuk menjangkau konsumen.

Sering mengikuti pameran tanaman hias juga merupakan salah satu cara untuk memasarkan tanaman hias yang Kalian jual.

6. Kerajinan Tangan, Bisnis Online Ibu Rumah Tangga

Jika Kalian menikmati kegiatan seperti menenun, membuat kerajinan, atau merangkai bunga, cobalah menggunakan keahlian khusus Kalian untuk mendapatkan keuntungan yang layak.

Kalian dapat lebih mengembangkan bakat Kalian dengan internet yang telah Kalian peroleh sebelumnya. Gunakan bahan sisa yang mudah ditemukan di sekitar Kalian, seperti kain flanel atau kain perca, untuk menciptakan barang berkualitas dengan nilai jual tinggi.

7. Bisnis Spa Rumah

Bukan rahasia lagi bahwa semua wanita ingin tampil menarik setiap hari, sehingga mereka rela melakukan perawatan apa pun yang dapat menunjang penampilannya.

Tentunya melihat fenomena ini, maka Kalian sebagai ibu rumah tangga yang juga gemar melakukan fisioterapi sebaiknya membuka home spa. Manfaatkan bagian rumah yang kosong sebagai spa.

Tidak harus mewah, tetapi harus dirancang secara unik untuk menarik pelanggan.

Ciptakan konsep spa dengan menggunakan bahan-bahan lokal yang bergizi dan alami seperti buah, kopi, teh hijau, dll.

Itulah beberapa hal yang bisa dilakukan ibu rumah tangga di rumah sendiri untuk mengisi waktu luang dan menambah pendapatan rumah tangga.


Ditulis Oleh Mata Jasa (Jasa Penulisan Artikel)

Posting Komentar untuk " 7 Usaha Ibu Rumah Tangga Modal Kecil"