Sitemap Blogger dan Cara Submit di Webmaster Google

Cara membuat sitemap di android
Sitemap Blogger dan Cara Submit di Webmaster Google

Sitemap Blogger dan Cara Submit di Webmaster Google- Sitemap atau daftar isi blog mempunyai fungsi yang sangat penting, untuk memberikan data informasi kepada pengunjung agar mengetahui seluruh isi artikel pada blog kita. saya hadirkan tutorial cara membuat sitemap keren dan otomatis di blogger. Sitemap default dari blogger sebenarnya sudah ada, namun kurang menarik dan terlihat biasa. Jadi, dengan membuat sitemap blog keren maka akan membuat nyaman dan betah pengunjung untuk berlama-lama di blog kita dan pada akhirnya pengunjung akan mengingat blog kita dan kembali lagi di lain waktu.

Kelebihan Membuat Sitemap di Blog

Kelebihan dari sitemap seo ini ialah bisa menampilkan sitemap otomatis berdasarkan label, jadi menampilkan judul postingan berdasarkan label yang ada. postingan terbaru secara otomatis akan masuk dalam daftar, jadi Kamu tidak perlu repot-repot memasukkan manual satu persatu. Membuat sitemap di blog blogger juga tidak harus menguasai html, karena Kamu tinggal copas dan membuatnya di halaman statis.

Sitemap SEO Keren dan Fast Loading

Dibawah ini Script Sitemap koleksi dari Penaindigo, Kamu tinggal copy Script dibawah ini dan Paste pada halaman blog Kamu. Jika Kamu melakukannya dengan benar maka sitemap sudah berhasil terpasang di blog Kamu.

<style type="text/css"> #toc{width:99%;margin:5px auto;border:1px solid #2D96DF; -webkit-box-shadow:4px 4px 8px 2px rgba(0,0,0, 0.2); -moz-box-shadow:4px 4px 8px 2px rgba(0,0,0, 0.2); box-shadow:4px 4px 8px 2px rgba(0,0,0, 0.2);} .labl{color:#FF5F00;font-weight:bold;margin:0 -5px; padding:1px 0 2px 11px;background: #3498DB; border:1px solid #2D96DF; border-radius:4px;-moz-border-radius:4px; -webkit-border-radius:4px;box-shadow:3px 3px 1px #bbb; -moz-box-shadow:3px 3px 1px #bbb;-webkit-box-shadow:3px 3px 1px #bbb;display:block;} .labl a{color:#fff;} .labl:first-letter{text-transform:uppercase;} .new{color:#FF5F00;font-weight:bold;font-style:italic;} .postname{font-weight:normal;background:#fff;margin-left: 35px;} .postname li{border-bottom: #ddd 1px dotted;margin-right:5px} </style> <div id="toc"> <script src="https://cdn.jsdelivr.net/gh/penaindigo/Pena-Indigo-Code@a134f9def601a6f77332eccc35d3d20e0d3c7e49/sitemappenaindigo.js" type="text/javascript"></script> <script src="/feeds/posts/default?max-results=9999&amp;alt=json-in-script&amp;callback=loadtoc"> </script></div>

Cara Membuat Sitemap Keren di Blogger

1. Masuk ke akun blogger Kamu, kemudian pilih “Halaman” lalu pilih simbol “ + ” Di pojok kanan bagian bawah, lihat gambar berikut:

Cara membuat sitemap blogger di android

2. Isi judul halaman dengan “Sitemap” atau “Daftar Isi“, Pilih Mode dengan simbol “< >

3. Pasang kode HTML sitemap pilihan Kamu, terakhir klik “Publikasikan”.

4. Selesai dan lihat hasilnya di blog Kamu.

Catatan :

Jika mengalami eror atau tidak bisa tampil, silahkan hapus semua kode lalu paste kembali kode sitemap diatas dan langsung publikasikan tanpa mengembalikan ke mode dengan simbol “< >”

Cara Membuat Sitemap XML untuk Submit Google Webmaster

Yang harus di ingat sitemap ada 2 macam yaitu sitemap HTML dan sitemap XML.

Sitemap HTML seperti tutorial yang saya buat diatas, yang dipasang pada halaman blogger atau blogspot Kamu, lain halnya sitemap XML adalah untuk submit di google webmaster atau mesin pencari lainnya seperti yahoo, bing atau yandex.

Sitemap XML berfungsi untuk mempermudah mesin pencari menjelajahi Blog Kamu, dan pada akhirnya akan tampil di mesin mencari untuk mendatangkan pengunjung Blog Kamu. Berikut cara submit sitemap di webmaster google.

Dibawah ini sitemap xml untuk blogspot atau blogger custom domain:

Submit di Google Webmaster Tools

Sesudah Blog Kamu daftarkan di Google Webmaster Tools, selanjutnya memasang sitemap xml di bagian "peta situs" menambahkan sitemap.xml diakhir url blog Kamu ya. Sebagai berikut :

Cara Submit Sitemap di Webmaster Google

Sitemap.xml

Atom.xml

feeds/posts/default?orderby=updated
feeds/posts/default?max-results=500

Dan hasilnya kurang lebih akan seperti gambar di bawah ini :
Submit sitemap blogger di Webmaster Google


Sesudah kamu masukan semua, tinggal menunggu mesin mencari menjelajahi blog Kamu. Kamu harus secara intens mengelola blog Kamu agar bisa mejeng di halaman depan Google.

Nah, sekarang sitemap pada blog anda sudah keren dan menarik, Share tutorial ini untuk berbagi pengetahuan ke teman Kamu agar artikel ini lebih bermanfaat.

Sekian share  Sitemap blogger dan submit di webmaster google, semoga dapat bermanfaat.

5 komentar untuk "Sitemap Blogger dan Cara Submit di Webmaster Google"

Comment Author Avatar
Siap gan. Trima kasih udah mampir
Comment Author Avatar
Sitemap memang penting bgt buat SEO blog kita. Sebagai pengguna blogspot, aku seneng bgt dapat info dan tips ini.. trimakasih Kak..
Comment Author Avatar
Sama-sama kak. Semoga bermanfaat
Comment Author Avatar
Ternyata banyak juga kode peta situs untuk submit google webmaster. Nice info
Comment Author Avatar
Iya kak. Tapi kalau mau simple 3 aja udah cukup kak.

Terima kasih atas kunjungannya.
Silahkan isi kolom komentar dengan tanggapan, kritik dan saran yang sesuai dengan topik pembahasan.